Aplikasi Kalkulator menggunakan Java Netbeans

1.  Jalankan Java Netbeans, versi netbeans yang saya pakai adalah netbeans 8.0.2

2. Buat Project baru dengan memilih file
New Project
3. Pada Choose Project , pilih Categories → Java dan pilih Projects → Java Application, klik next.
4.  New Java Application. Project name Kalkulator , untuk lokasi penyimpanan project bisa disesuaikan dengan folder yang anda pilih.Uncheck Create Main Class, karena pada saat membuat program nanti kita akan menggunakan class JFrame sebagai main class. Setelah itu klik finish, maka muncul project baru.
5. Membuat desain frame , klik kanan pada default package new JFrame. Maka akan tampil penamaan class beri nama class form_kalkulator. Setelah klik finish tampil Frame kosong.
6. Desain tampilan aplikasi kalkulator , cukup drag and drop dari window pallete (window Pallete) yang berada di kanan layar. Kita hanya mengklik salah satu tool dari Pallete lalu geser ke frame. 
Tampilan aplikasi kalkulator
7. Jika mengubah text komponen caranya , klik kanan pada komponen pilih Edit Text, dapat pula dengan mengubahnya di window properties yang berada di kanan layar. Sedangkan untuk mengubah variable klik kanan pada komponen Change Variable Name. Variable yang sudah diubah harus sesuai ketika pengkodingan, karena bersifat Case Sensitive artinya besar kecil huruf mempengaruhi saat listing program.
8. Setelah selesai membuat desain aplikasi nya, selanjutnya membuat listing program java. Klik tab Source , deklarasikan tipe data.
public class form_kalkulator extends javax.swing.JFrame {
simpan dibawah listing program diatas.

9.  Memasukan listing pada setiap komponen (JButton) , klik kanan pada komponen Event Action ActionPerformed atau cukup dengan double klik pada komponen. Untuk koding tombol  0 -9 , Cukup dengan memasukan koding :
angka += “angka”;
textfield.setText(angka);
Penjelasan :
“angka” → maksud nya ganti sesuai dengan angka tombol , jika anda sedang memasukkan koding untuk tombol 0,anda ubah “angka” menjadi “0”.
Textfield → anda panggil nama variabel komponen textfield yang anda buat. Misalnya anda memasukkan komponen textfield dengan nama variabel txtHasil. Maka anda masukan koding txtHasil.setText(angka);
Lakukan sampai tombol 9.

10.  Selanjutnya tombol Clear, koma,sama dengan dan lain-lain.
·         Tombol C (Clear) :
  Ket :
 TextField : txtHasil.
 TextField.setText(“ ”);
 angka1=0.0;
 angka2=0.0;
 jumlah=0.0;
 angka=””;
·         
     Tombol . (Koma):
angka += “.”;
TextField.setText(angka);

·       Tombol + :
angka1=Double.parseDouble(angka);
TextField.setText("+");
angka="";
pilih=1;

Penjelasan :
variabel angka1 merupakan angka yang akan dioperasikan dengan variabel . karena variabel angka1 dideklarasikan bertipe data Double. Maka variabel angka yang bertipe string harus dikonversikan dulu ke Double.
Variabel pilih adalah variabel yang bertipe integer berfungsi untuk pemilihan aksi pada switch case, jika tombol sama dengan ditekan.
·       
        Tombol - :
angka1=Double.parseDouble(angka);
TextField.setText("-");
angka="";
pilih=2;

·      Tombol x :
angka1=Double.parseDouble(angka);
TextField.setText("x");
angka="";
pilih=3;
·        
        Tombol / :
angka1=Double.parseDouble(angka);
TextField.setText("/");
angka="";
pilih=4;
·       
        Tombol = (sama dengan) untuk menampilkan hasil :
switch(pilih){
            case 1:
                angka2=Double.parseDouble(angka);
                jumlah =angka1+angka2;
                angka= Double.toString(jumlah);
                TextField.setText(angka);
                break;
            case 2:
                angka2=Double.parseDouble(angka);
                jumlah =angka1-angka2;
                angka= Double.toString(jumlah);
                TextField.setText(angka);
                break;
            case 3:
                angka2=Double.parseDouble(angka);
                jumlah =angka1*angka2;
                angka= Double.toString(jumlah);
                TextField.setText(angka);
                break;
            case 4:
                angka2=Double.parseDouble(angka);
                jumlah =angka1/angka2;
                angka= Double.toString(jumlah);
                TextField.setText(angka);
                break;
            default:
                break;
        }

Penjelasan :
Variabel jumlah melakukan operasi bilangan angka1 dan angka2 yang sudah dikonversi ke tipe data Double.
Variabel angka mengkonversi variabel jumlah yang betipe data double menjadi string agar dapat ditampilkan di layar.

Setelah listing program, lakukan perubahan pada propertis agar program lebih teratur dan tidak terjadi kesalahan yang dilakukan user.

Mengatur Properties JFrame
Klik Kanan pada Jframe → pilih properties → Uncheck resizable, bertujuan agar user tidak dapat mengubah panjang atau lebar window program ketika dijalankan. Dapat ditambah judul pada program ketikan pada baris title.

Mengatur Properti JTextField:
Klik Kanan di komponen JTextField yang berada pada JFrame → Properties → Uncheck Editable. Agar user tidak dapat memasukkan karakter langsung dari keyboard.


11. Jalankan Program : Klik run → Run Project
12. Jika pertamakali anda menekan tombol angka, muncul null. Sisipkan sintak
angka = “” 
pada
public form_kalkulator() {
        initComponents();
        angka="";
   
    }.
Seperti gambar dibawah ini
Setelah menyisipakn sintak tadi , tidak akan terjadi seperti itu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Bahasa Pemrograman 2 - Modul 3 (2)

Laporan Praktikum Bahasa Pemrograman 2 - Modul 3